IBRD (International Bank for Reconstruction and development)

Mungkin IBRD masih kurang populer dibanding Bank Dunia (world bank) , itulah faktanya . Yang terdengar hanyalah World Bank sebagai organisasi yang bergelut di bidang keuangan dunia. Padahal sebenarnya keduanya identik🙂

Organisasi ini lebih sering disebut sebagai Bank Dunia. Didirikan berdasarkan perjanjian Bretton Woods pada tahun 1944. Sekitar satu tahun sebelum kemerdekaan Bangsa ini. Organisasi ini awalnya ditujukan untuk membantu pemulihan dan pembangunan ekonomi di negara-negara korban Perang Dunia II serta membantu negara-negara berkembang (Negara dunia ketiga) . Pada tahun 1949 berganti fokus baru yang ditujukan pada pemberian pinjaman untuk mengembangkan pembangunan ekonomi. Pinjaman diberikan untuk membantu proyek pengairan , pertambangan, pertanian, transport, komunikasi dan proyek pembangunan industri umum. Secara garis besar organisasi ini memiliki peran yang sangat mulia bagi negara-negara yang ingin berkembang.

Bank Dunia juga memberikan program bantuan teknik secara luas untuk membantu persiapan pijakan dalam memperoleh pinjaman yang bermanfaat serta membantu negara penerima bantuan dalam mempergunakan bantuan pinjaman secara efektif. Meskipun Bank Dunia telah meningkatkan ragam dan jumlah pinjaman,namun kemampuannya masih terbatas dalam memenuhi kebutuhan modal dari negara berkembang. Pembayaran utang pokok yang merupakan sisi lain ketidakmampuan negara penerima bantuan selain membayar kembali pinjaman dalam bentuk mata uang keras.

 

 

referensi :

Nugroho, Boy . Indonesia Bangkrut. 2007. Yogyakarta: Navila

This entry was posted in Ekonomi.

Minta Masukannya, Sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s