Desain Dasar Survei , Tau?

Berbagi Sambil belajar mengingat mata kuliah surcon🙂

Desain dasar survei :

Cross sectional survei

  • Dikumpulkan pada satu titik tertentu
  • Estimasi populasi saat itu
  • Informasi tunggal dan kaitan antar variabel
  • Dilakukan pencacahan sekali dengan variabel yang banyak

Contoh aplikasi desain survei Cross sectional survei : Survei Biaya Hidup (SBH) , Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), dan SUPAS . Khusus SUSENAS menggunakan cross sectional survei with trend data.

Longitudinal survei

Dilakukan pencacahan dari waktu ke waktu , dapat berupa deskripsi atau explanatory.

  • Trend studies = studi yang dilakukan  terhadap suatu populasi dari waktu ke waktu dengan sampel yang independen untuk mengkaji perkembangan dari karakteristik yang terpilih . Contoh : Satu tahun menjelang pemilu suatu lembaga penelitian melakukan studi trend dengan cara mengambil sampel secara independen pada setiap tiga bulan sekali untuk mengetahui perkembangan loyalitas terhadap partai politik.
  • Studi cohort = studi yang dilakukan dari waktu ke waktu terhadap bagian tertentu dari populasi dengan sampel yang independen untuk mengkaji perkembangan dari karakteristik yang diteliti. Contoh : studi terhadap tamatan STIS angkatan 51 untuk mengetahui perkembangan sikap angkatan tersebut terhadap aplikasi ilmu yang diperoleh dengan tugas yang dilaksanakan. studi dilakukan tiap tahun, sampel dari studi tersebut selalu angkatan 51 meskipun sampelnya berbeda.
  • Studi Panel = studi yang dilakukan dari waktu ke waktu dengan sampel sama untuk mengkaji perkembangan dari karakteristik yang diteliti.

Variasi desain dasar

  • Paralel samples -> penelitian yang menggunakan dua populasi atau lebih secara bersamaan. Contoh : studi terhadap murid SMA, yang dilaksanakan bersamaan dengan studi untuk hal yang sama terhadap orang tua murid tsb.
  • contextual studies -> penelitian yang memfokuskan pada subjek tertentu. Contoh : Studi terhadap suatu universitas dengan mencari data dari berbagai sumber untuk mengetahui berbagai hal terkait universitas tersebut.
  • Sociometric studies -> penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan tentang aspek sosial populasi. contoh : penelitian pertemanan pada suatu kelas, untuk mengetahui siapa yang terpopuler dan mengapa.

 

 

Minta Masukannya, Sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s