Karena noda muncul tiap waktu

Beberapa tahun lalu , masa putih biru lebih tepatnya , tiga teman saya niat kabur dari sekolah pada jam pelajaran kesenian. Niat yang sungguh tidak senonoh untuk dilakukan, tetapi itulah yang terjadi saat itu . Niat buruk ya tentunya berdampak buruk . Belum sempat keluar pagar sekolah , mereka ketahuan sama pengadil sekolah. Kenapa sang pengadil? Karena ini guru spesialisnya mengadili siswa yang etikanya sedikit menceng-menceng . Hukuman pun langsung diputuskan ditempat tanpa ada sidang satu, sidang dua seperti di meja hijau yang pada akhirnya tidak ada hukuman yang dijatuhkan pada terdakwa.

Membersihkan toilet sekolah , ya itulah hukuman andalan dari sang pengadil. Toilet itu memang terlihat bersih karena dibersihkan tiap hari oleh cleaning services (pahlawan kebersihan) , tetapi yang diinginkan oleh sang pengadil yaitu bersihkan semua noda hitam, coklat, hijau, serta warna-warna lain pada setiap sudut toilet tanpa terkecuali. Satu jam, dua jam , tiga jam , mereka pun belum selesai membersihkan noda-noda tersebut. Padahal sikat berbagai jenis sudah dipakai dan tenaga pun sudah mulai terkuras.

Susah kan kalau noda tidak dibersihkan tiap hari? Toilet ini memang dibersihkan tiap hari tapi noda itu tidak sebenarnya tidak terlihat jadi lepas dari jangkauan cleaning services sehingga dianggap toilet ini sudah bersih. Semakin hari noda itu semakin jelas pekatnya karena jarang dibersihkan” kata sang pengadil sambil memberikan sabun pembersih lantai .

Noda seperti itu musti memerlukan penanganan yang lebih” tambah beliau. Dalam beberapa jam, noda penuh warna semakin memudar . Senyum mengembang terlihat pada wajah ketiga teman saya begitu juga pada wajah sang pengadil.

sumber : februl.wordpress.com

Sepenggal pengalaman hidup memberikan kita pelajaran bahwa begitu juga yang terjadi pada diri ini. Diri ini rentan akan dosa yang dapat mengotori rohani . Dosa bisa muncul tiap waktu, tanpa diinginkan. Dosa yang tidak dibersihkan setiap waktu akan semakin menumpuk dan pembersihannya pun memerlukan proses yang kompleks .

Bayangkan jika kita tidak mandi seharian padahal kita kerja keras mengangkat beras 50 kg dari satu pasar ke pasar lain pada hari itu? Rasa apa yang muncul? Gatal , keringat , resah? Begitulah yang terjadi pada rohani kita. Jika tidak ibadah , rohani gelisah , rohani akan semakin terkotori . Hidup pun penuh keresahan .

Sulitnya jika diri ini sudah dipenuhi dosa . Tidak cukup satu dua ibadah untuk bisa menghilangkannya . Semakin banyak kita berbuat salah , harusnya semakin banyak kebaikan yang kita perbuat dengan niat ibadah agar kita tetap terpelihara dari noda yang tak terlihat. Ibadah. . ibadah . . ibadah . . dengan niat hanya mengharap ridho Allah swt harus dilakukan setiap waktu agar mengcover perbuatan khilaf yang merupakan cikal bakal dosa .

Beruntunglah kita terlahir dalam nikmatnya islam , Allah memberikan banyak kesempatan untuk membersihkan diri . Sehari diwajibkan untuk Sholat lima kali dengan hitungan tujuh belas rakaat , belum lagi ditambah sholat sunnah dan ibadah lainnya. Allah sayang pada kita, kita diberi fasilitas untuk membersihkan diri agar selalu bersih dari noda yang muncul tiap waktu.

Mari Perbaiki diri setiap hari karena kita rentan melakukan kesalahan setiap hari ^^

3 comments on “Karena noda muncul tiap waktu

  1. mantap masbro ! mengenang dosa2 masa lalu bisa dijadikan pembelajaran buat lebih baik ke depannya ! keep posting😀

  2. […] yang lebih dengan kualitas yang lebih dari sebelumnya setiap waktu Karena dosa pun bisa muncul tiap waktu hanya kepada […]

Minta Masukannya, Sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s