Mau Sukses Menulis Skripsi ?

Hanyalah satu dari sejuta mahasiswa yang mengatakan I Love Skripsi”

Mengapa hal itu bisa terjadi ? nyatanya bagi sebagian Mahasiswa (berdasarkan amatan saya) : Skripsi itu momok  , Skripsi itu Penjanggal , skripsi itu sesuatu yang mempersulit kita untuk lulus dari kampus ini . Terkadang keluar pertanyaan dari mahasiswa , Kenapa harus nulis skripsi dulu baru bisa sarjana? tidak adakah jalan lain? Pernyataan dan pertanyaan tersebut merupakan “hal” yang dapat membuat anda gagal dalam menulis skripsi. Gimana mau cinta kalo lihat skripsi dari sisi negatif begitu ? 

Apalah artinya memikirkan hal-hal negatif tentang skripsi. Kenapa tidak melihat dari sisi positifnya saja , padahal saya yakin saya dan sahabat sudah mengetahui betapa besar manfaat berfikir positif. Mari ciptakan mind set :

  • skripsi itu media ibadah
  • skripsi itu membahagiakan
  • skripsi itu menarik
  • skripsi itu kebanggan penulis
  • skripsi itu media berbagi ilmu pada sesama
  • skripsi itu …….. (isilah dengan kata-kata positif)

Setelah tercipata mind set tersebut InsyaAllah menulis skripsi akan lebih lancar dan bisa dimulai sesegera mungkin. Pada tulisan ini saya ingin berbagi tips yang saya dapatkan dari seminar “Kupas Tuntas Sukses Skripsi” di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik , 1 Februari 2013 . Pada seminar itu dibahas tips dan trik sukses menulis skripsi oleh tiga pembicara :

  1. Hardius Usman, M. Si
  2. Prof Abuzar asra
  3. Muhamad Syukri , M.I.S

Secara umum , ketiga memberikan tips2 dari sisi yang berbeda . mari kita jabarkan satu per satu🙂

1. Pertama, dari sisi content  oleh pak Hardius. Beliau menjelaskan bahwa tema skripsi beserta isinya harus sesuai dengan bidang yang digeluti ( misal : Jika jurusan statistik ekonomi, maka tulisan jangan out of context dari masalah-masalah statistik ekonomi) . Cara terbaik agar dapat masalah yang bagus untuk skripsi yaitu dengan MEMBACA sebanyak2nya Jurnal-jurnal .

2. Kedua , dari sisi prosesnya oleh Prof Abuzar asra . Beliau merincikan 10 tips :

  1. Pray ; Hal yang sangat penting dan terkadang dilupakan oleh mahasiswa karena begitu sibuknya. Kebanyakan orang meletakkan doa di akhir , disini Prof Abuzar menekankan ditaruh di awal . Doa di awal akan memberikan semangat lebih dan kelancaran pada usaha kedepannya
  2. Think Early and Think Often ; Pikirkan apa yang ingin ditulis sesegera mungkin dan sesering mungkin sehingga anda sudah melangkah lebih cepat untuk menuju tujuan.
  3. Have a plan and stick at all ; aturlah waktu dalam proses penulisan skripsi dan taati setiap aturan. Jangan pernah melanggar rencana , bersikaplah teguh terhadap rencana dibuat diawal . InsyaAllah penulisan akan lancar dan tepat waktu.
  4. Find Inner peace , at least a quite place to work . Temukanlah tempat yang dapat membuat anda nyaman. Hal ini dilakukan agar menghindari rasa jenuh yang selalu siap menghampiri penulis🙂
  5. Don’t miss the opportunity ; Tipe Orang dalam menulis itu berbeda-beda . Ada yang bisa menulis tiap hari satu lembar secara konsisten . Ada yang 1 hari menulis 5 lembar, hari berikutnya berleha-leha tanpa menulis sedikitpun.  Dalam kasus ini kecerdikan sangat dibutuhkan dalam mempelajari kita masuk tipe yang mana. Sehingga kita bisa mengoptimalkan penulisan.
  6. Help is closer than you think; Jangan sungkan meminta bantuan orang lain karena sesungguhnya bantuan itu sangat dekat pada anda.
  7. Cultivate community ; Perbanyak diskusi dengan teman , bila perlu selalu ikut forum diskusi atau seminar di kampus .
  8. Be a good yourself ; Adanya saatnya malas, jenuh dan stress menghampiri. Hilangkan beban tersebut dengan mengalihkan ke hal lain (misal : jalan-jalan ke hutan , main musik , membaca , dll), dengan catatan batasan waktu untuk ini jangan membuat anda kehilangan momen penulisan skripsi anda.
  9. You’r the boss of your writting ; Yeah🙂 Kita adalah BOSS dari apa yang kita tulis . Gaya tulisan , Tujuan tulisan segala hal dalam tulisan merupakan proyek kita . Jadi harus Percaya diri dengan tulisan dengan catatan tetap belajar dan menerima saran dari yang lain
  10. Don’t be afraid to use writing of othe as model ; menjadikan tulisan orang lain bukan berarti plagiarism . Kita hanya melihat , mengembangkan , menginovasi tulisan orang . Catatan : Jangan lupa mencantumkan tulisan tersebut pada tulisan anda
  11. Presistent ; Istiqomah lah dalam prosesnya🙂

3. Dari sisi non teknis oleh Pak M syukri  . Beliau menekankan pengembangan otak kanan untuk mendukung proses penulisan dengan rincian penjelasan sebagai berikut :

  1. Minta Maaf dan Minta restu orang tua . 
  2. Selaku berfikir positif pada siapapun apalagi Dosen Pembimbing skripsi🙂 . Ciptakan aura postif pada pribadi anda dengan selalu ber Husnudzan pada siapapun dan pada tempat yang tepat, siap melakukannya?
  3. Ibadah ; Perbanyak ibadah . Apa yang kau lakukan , maka itu yang Allah beri
  4. Pecaya Diri
  5. Jangan Multitasking , Kerjakan satu-per satu permasalahan. Fokus pada satu bagian dahulu (misal : anda sedang mengerjakan BAB I , yah sebaiknya diselesaikan dahulu baru lanjut BAB II)
  6. Kurangi kegiatan yang tidak berhubungan dengan kegiatan perkuliahan (pada masa penulisan skripsi)

Mau Sukses Skripsi ?

Mau Sukses Skripsi ?

Mau Sukses Skripsi ?

Kombinasiketiga tips diatas (content, proses, non teknis) dalam penyusunan Skripsi anda.

Semoga bermanfaat🙂

Sukses bagi para Mahasiswa tahap akhir

Mari berkarya untuk bangsa dengan tulisan yang bermanfaat (baca:skripsi)

Sumber :

http:\pojokkampuz.blogspot.com

3 comments on “Mau Sukses Menulis Skripsi ?

  1. nice posting, bro ! Keep posting ! Salam Wisuda 2013 !

  2. Frilia Garlinha mengatakan:

    Reblogged this on frilia wg.

Minta Masukannya, Sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s