Sebuah Perspektif Global tentang Ilmu Ekonomi Pembangunan

Ilmu ekonomi pembangunan adalah sebuah ilmu ekonomi khusus mengenai negara-negara dunia ketiga. Negara-negara dunia ketiga merupakan negara-negara yang sedang berkembang . Negara dengan kondisi kesejahteraan masyarakatnya masih tertinggal daripada negara-negara dunia pertama dan negara dunia kedua di karenakan masalah-masalah ekonomi yang sangat kompleks yang semuanya menuntut suatu pemikiran dan pendekatan baru. Oleh karena itu di perlukan bagi para “pemikir” yang dimiliki oleh negara-negara dunia ketiga untuk memahami secara komprehensif ilmu ekonomi pembangunan.

Dari paragraf diatas, muncul pertanyaan negara-negara apa saja yang tergabung dalam negara duniaI , dunia II, dan dunia III . Demi menjawab pertanyaan yang secara otomatis muncul dibenak kita , Maka diuraikan pengelompokkan negara berdasarkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Pengelompokkan negara berdasarkan tingkat kesejahteraan masyarakatnya :

  • Negara dunia I : Negara maju blok Liberalis atau kapitalis , negara-negara yang tergabung didalamnya yaitu : Eropa Barat ( Jerman barat, Inggris , Belanda , Portugis , Prancis ) , Amerika Utara ( USA dan Kanda) , Australia , New Zealand , dan Jepang
  • Negara dunia II : Negara Maju blok Sosialis , yang tergabung didalamnya : Eropa Timur( Rusia, Polandia, Jerman timur, rep Ceko)
  • Negara Dunia III : Negara sedang berkembang , yang tergabung didalamnya sebagian besar Asia (kecuali Jepang) , Negara-negara Afrika , Negara-negara Amerika Latin

sumber : Google image

 

Pada Ilmu ekonomi Pembangunan difokuskan pada Negara dunia III , tentang negara dunia III lebih rinci :http://tahukah-andda.blogspot.com/2012/04/industri-di-negara-dunia-ke-3.html

Hakekat ilmu ekonomi pembangunan

Ilmu ekonomi tradisional Menitikberatkan pada alokasi termurah dan paling efisien atas segenap sumber daya yang langka, serta upaya-upaya memanfaatkan pertumbuhan optimal sumber daya agar menghasilkan produksi sebanyak mungkin.

Ilmu ekonomi politik , fokusnya lebih luas daripada ilmu ekonomi tradisional, fokus khususnya adalah proses-proses sosisal dan istitusional, dengan perhatian utama , pada peranan kekuasaan politik dalam pembuatan keputusan-keputusan ekonomi.

Ilmu ekonomi Pembangunan memilik jangkauan yang lebih luas dari keduanya. Selain mempermasahkan masalah efisiensi alokasi sumber daya produktif yang langka serta berkesinambungan dari waktu ke waktu m ilmu ekonomi pembangunan juga memberi perhatian pada mekanisme-mekanisme ekonomi, sosial, politik, dan kelembagaan baik yang terkandung dalam sektor swasta maupun sektor publik.

Ada tiga nilai inti dari pembangunan : Kecukupan (sustance) , Harga diri (self-esteem) , Kebebasan (freedom)

  • Kecukupan : Kemampuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar
  • Harga diri : Menjadi manusia seutuhnya
  • Kebebasan : Memiliki kemampuan memilih

Tujuan inti pembangunan :

  • Peningkatan ketersediaan serta perluasan distribusi berbagai macam barang dan kebutuhan hidup yang pokok
  • peningkatan standar hidup
  • perluasan pilihan-pilihan ekonomis dan sosial

Perhatian-Perhatian terhadap Pembangunan ekonomi :

Adakah yang menyadari bahwa sebelum perang dunia II para ilmuwan kurang memperhatikan pembangunan ekonomi . Hal itu terjadi karena berbagai faktor, diantaranya :

  1. Masih banya negara sebagai negara jajahan
  2. kurang adanya usaha dari tokoh masyarakat untuk membahasa pembangunan ekonomi karena pemuka-pemuka masyarakat pada masa itu lebih mementingkan usaha-usah meraih kemerdekaan dari penjajah
  3. para pakar ekonomi lebih banyak menganalisa kegagalan ekonomi dan tingginya tingkat pengangguran (depresi berat)

Setelah PD II berakhir, Negara-negara mulai meraih kemerdekaan dari para penjajah, misalnya : India, Pakistan, Philipina, Korea dan Indonesia) . Setelah penjajahan dalam bentuk nyata(perang) berakhir , ternyata muncul permasalahan baru yaitu masalah ekonomi. Perhatian negara-negara terhadap pembangunan ekonomi mulai berkembang . Faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut antara lain:

  1. Negara-negara jajahan mulai memperoleh kemerdekaan (freedom)
  2. Berkembangnya cita-cita dengara yang baru merdeka untuk mengejar ketertinggalan di bidang ekonomi
  3. Adanya keinginan dari negara maju untuk membantu negara berkembang dalam memeprecepat pembangunan ekonomi.

Itulah Sebuah perspektif global tentang ilmu ekonomi pembangunan, mulai dari hakekat, nilai inti , tujuan , objek pembangunan (negara dunia III) , serta awal mula perhatian dalam pembangunan .

#tantowi

Referensi

Tim Kompre 51 . 2012. Modul Kompre Statistik ekonomi . Jakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Tim Kompre 50 . 2011. Soal, Jawaban, Rangkuman Statistik Ekonomi . Jakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Todaro, Michael P . 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta : Erlangga

http://tahukah-andda.blogspot.com/2012/04/industri-di-negara-dunia-ke-3.html

One comment on “Sebuah Perspektif Global tentang Ilmu Ekonomi Pembangunan

  1. tantowirico mengatakan:

    Semoga bermanfaat bagi kita semua yang notabene berada di Indonesia ( Negara Dunia III)

Minta Masukannya, Sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s