Seuntai kata : Peluang

Apabila ditanya peluang alam semesta yang memeberi kita kehidupanterbentuk secara kebetulan? Maka jawabannya adalah :

1/10^10^123

Bisakah Anda Membuktikan nilai peluang diatas ?🙂 . Dengan memepertimbangkan variabel-variabel fisik, Roger Penrose , Seorang ahli matematika Inggris terkenal memikirkan pertanyaan ini dan meencoba melakukan perhitungan tentang kemungkinan. Dengan memasukkan semua variabel yang dianggapnya perlu bagi manusia untuk muncul dan hidup diplanet bumi, beliau menghitung probability untuk lingkungan ini muncul di antara semua hasil yang mungkin dari Big Bang.

Membayangkan arti angka itu saja sulit. Dalam matematika, nilai 10^123 berarti 1 diikuti dengan 123 nol. angka ini jauh lebih besar dari jumlah total atom yang diyakini ada diseluruh alam semesta. Namun jawaban pen rose jauh lebih besar lagi , yaitu diikuti angka 10^123 angka nol.

Dengan kata lain, angka penrose menyatakn bahwa pembentukan alam semesta kita merupakan “kebetulan” atau “ketidaksengajaan” adalah tidak mungkin. angka-angka yang menentukan rancangan dan rencana keseimbangan alam semesta memainkan peranan penting dan melampaui pemahaman manusia. Mereka membuktikan bahwa alam semesta bukan hasil peristiwa kebetulan , dan menunjukkan “betapa tepatnya maksud Pencipta” seperti pernyataan Penrose.

Pada uraian diatas yang di sadur dari Kata Pengantar Modul Kompre 51 (Tim Kompre 51, 2012) menunjukkan betapa pentingnya ilmu peluang itu untuk menjawab berbagai fenomena kehidupan yang membingungkan kita. Dasar-dasar teori peluang hingga distribusi-distribusi peluang akan dapat digunakan untuk memprediksi ataupun menghitung peluang-peluang pada kejadian di sekeliling kita. Jadi, bersiaplah menjalani hidup dengan peluang serta berkaryalah dengan Peluang .

Minta Masukannya, Sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s