Masih Meragukan pentingnya Statistika ?

Sekarang ini, hampir semua bidang memerlukan statistika dalam pelaksanaannya. Kenapa begitu ? Pertama , Setiap bidang ingin mengetahui bagaimana perkembangannya . Kedua untuk dijadikan pedoman dalam pengembangan bidang itu sendiri. Ketiga Adanya persaingan antar bidang sehingga masing2 memerlukan statistik dalam prosesnya.

Statistik bisa saja menjadi senjata paling ampuh menghancurkan suatu negara, Jika Statistik Negara2 besar dirusak (hack) maka , kepercayaan investor akan negara tersebut akan hancur juga , collapse seketika!

Walaupun demikian statistika hanyalah sebuah alat penyelesaian masalah  kehidupan menurut saya. saya kerucutkan lagi Statistik di bidang ekonomi (karena saya jurusan Statistika peminatan statistika ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Statistika). Seberapa penting statistik di dunia ekonomi? JAWABANNYA SANGAT PENTING, Ilmu Ekonomi sangat butuh STATISTIKA . Mengapa ?

Jawabannya :

Ini merupakan masalah-masalah ekonomi yang saya kutip dari buku Dergibsin Siagian Sugiarto :

1, Soal memroduksi sejumlah produk tertentu sesuai dengan rencana bidang pemasaran sebagai langkah awal untuk mengenalkannya di pasar

2, bila jumlah dana untuk memroduksi terbatas, produk mana yang akan diproduksi lebih dahulu seandainya  2 atau 3 macam produk yang sama pentingnya.

3.  Mengambil keputusan dalam sistem kerja yang akan memberikan hasil lebih effisien

Masalah-masalah diatas memperlihatkan betapa pentingnya statistika. Masalah pertama ,  Lakukan survey pasar dengan didasari ilmu statistika (agar hemat biaya, tenaga dan waktu jadi diambil sampel yang representatif) maka akan didapat informasi dari populasi sasaran  , sehingga diketahui bagaimana produksi kedepannya (solve)

Masalah kedua dan ketiga , dapat diselesaikan dengan ANOVA . khusus masalah ketiga analisis keragaman dapat dilakukan untuk melihat efisiensi kerja beberapa sistem kerja sekaligus.

Super sekali bukan pentingnya statistika! Mari melangkah dengan Statistik🙂

One comment on “Masih Meragukan pentingnya Statistika ?

  1. […] Informasi dari berbagai karakteristik sangat diperlukan oleh berbagai pihak, baik pemerintah , swasta, maupun masyarakat. Berbagai pihak berusaha mendapatkan informasi khususnya yang dapat dijadikan data yang dapat mewakili suatu populasi bahkan menjadi data statistik yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan , pelaksanaan , pemantauan , dan evaluasi serta penentuan kebijakan. Begitu pentingnya data statistik dalam menunjang dinamikan kehidupan manusia . […]

Minta Masukannya, Sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s